Cara Diagnosa Kanker Usus Besar Pada Tahap Awal

By | August 6, 2019

mendeteksi kanker usus besar, deteksi dini kanker usus besar, cara deteksi kanker usus besar

Cara Diagnosa Kanker Usus Besar

Seingkali banyak orang menyadari adanya kanker ketika sudah mengalami stadium lanjut. Inilah alasan mengapa perlu adanya pemeriksaan atau tes skrinning secara berkala. Pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah dengan pemeriksaan rektum secara digital. Pada pemeriksaan ini dokter akan meraba memeriksa ada tidaknya polip atau untuk memeriksa tumbuhnya polip melalui satu jari bersarung.

Pemeriksaan kedua yaitu dengan melalui enema barium. Enema barium adalah tindakan yang dilakukan oleh dokter untuk menyuntikkan cairan kedalam rektum. Ini dilakukan untuk membuat usus besar tampak lebih besar saat dilihat dengan hasil foto rontgen. Hasil tersebut juga akan digunakan ketika untuk menemukan adanya kelainan pada usus. 

Pemeriksaan ketiga adalah tes darah samar. Pada tindakan ini dokter akan memberikan alat untuk diambil sample feses ketika ada di rumah. Setelah sample itu dibawa dan di berikan kepada dokter. Dokter akan menganalisa apakah ada darah dalam feses atau tidak. Dan sebaiknya anda melakukan puasa makanan dan obat obatan untuk membuta tes tersebut lebih akurat. 

Ke empat melalui tes DNA Feses. Ini merupakan tes feses untuk memeriksa ada tidaknya sel kanker dalam feses. Jika tes darah yang telah dilakukan sebelumnya hasilnya positif, ,maka dokter akan menganjurkan untuk menjalani tes ini. 

Langkah pemeriksaan yang ke lima yaitu dengan cara melakukan kolonoskopi. Kolonoskopi dilakukan dengan menggunakan selang tipis dan fleksibel dengan dilengkapi kamera canggih. Kemudian alat tersebut dimasukan kedalam rektum untuk memeriksa seluruh bagian dalam usus besar. Mungkin terapi ini akan terasa tidak nyaman namun biasanya ini tidak memberi dampak sakit. nyaman, tetapi biasanya tidak menyakitkan.

Yang terakhir adalah dengan melalui tes menggunakan CT Scan untuk membuat model usus besar di komputer. Apabila dokter menemukan polip atau kelainan lain anda harus menjalani kolonoskopi tradisional. Kolonoskopi tradisional adalah untuk memeriksanya secara lebih rinci atau untuk mengangkat polip tersebut.

Demikian sedikit mengenai apa saja yang bisa dilakukan untuk memeriksa ada tidaknya kanker atau polip dalam tubuh khususnya usus besar. Untuk info lebih lanjut anda bisa langsung melihat artikel kami sebelumnya. 

#diagnosakankerususbesar
#diagnosakankerusus
#diagnosisbandingkankerusus
#cara diagnosis kankerususbesar
#diagnosiskankerususbesar