5 Gejala Infeksi yang Perlu Diwaspadai -Pasca Operasi Kanker Usus Besar

By | June 29, 2019
Tindakan Operasi Kolostomi adalah tindakan membuat saluran baru dari bagian usus besar langsung ke dinding perut. sehingga feses tidak lagi keluar melalui anus tetapi saluran pada perut tersebut. Saluran melalui dinding perut inilah yang dinamakan stoma. Langkah ini diambil ketika terdapat masalah di dalam usus besar yang dapat mengganggu perncernaan tubuh. Salah satu harus dilakukan operasi ini ketika mengalami kanker usus besar.
 
Resiko yang paling utama dalam pasca operasi ini adalah infeksi. Infeksi bisa saja terjadi karena saluran stoma yang ada pada perut akan mudah terkena bakteri baik di sekitar stoma maupun stoma itu sendiri. Selain itu paparan bakteri dari anus juga dapat menyebabkan infeksi. Biasanya cenderung orang akan membersihkan dan fokus pada lubang  stoma sehingga anus menjadi lupa untuk selalu dibersihkan. 
 
Gejala yang timbul akibat infeksi pada stoma diantaranya:
  • Demam yang tinggi
  • Sakit pinggang tulang belakang
  • Nafsu makan makin menurun
  • Mual dan muntah sering muncul
  • Pendarahan di lubang stoma

Selain gejala tersebut infeksi pada kolostomi juga dapat diketahui melalui perubahan warna, bentuk, bau, bahkan ukuran lubang stoma. Infeksi juga dapat disebabkan oleh salahnya penggunaan atau pemasangan kantong kolostomi. Atau bahkan juga infeksi dapat terjadi karena bahan dari kantong maupun wafer yang masi belum cocok dengan kulit pasien. Maka perlu diketahui juga cara pemasangan, jenis kantong, ataupun waktu penggantian yang tepat agar terhindar dari infeksi dan iritasi pada stoma.

Namun, jika mengalami gejala gejala diatas segeralah priksa dan hubungi dokter Anda. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati maka gejala seperti ini pun juga perlu diwaspadai.