3 Macam Pengobatan untuk Kanker Usus Besar

By | July 2, 2019

Jika Anda dinyatakan terkena kanker usus besar, maka Anda akan diberikan beberapa pilihan jenis pengobatan dan penjelasan oleh dokter yang menangani Anda. Pengobatan yang bisa dijadikan pilihan  antara lain :

Operasi

Operasi adalah pengobatan yang utama untuk menangani kanker usus besar dan kanker rektum. Biasanya dokter mengambil tindakan ini untuk mengangkat tumor atau kanker yang ada pada usus besar pasien. Operasi ini bertujuan agar kanker tidak menyebar dan semakin menjalar kebagian organ yang lainnya. 

Kemoterapi

Pengobatan yang menjadi pilihan selanjutnya adalah pengobatan kemoterapi. Kemoterapi ini adalah pengobatan yang menggunakan obat-obatan. Hal ini ditujukan untuk membunuh sel-sel kanker yang telah ada di tubuh kita. Efek yang muncul jika melakukan kemoterapi adalah menurunkan sistem kekebalan tubuh, rontoknya rambut, dan biasanya bulu mata dan alis pun ikut rontok. Kombinasi pengobatan ini dianggap sebagian pasien bisa mengurangi penyebaran kanker secara lebih efektif daripada hanya menggunakan kemoterapi secara independen.

Terkadang dokter akan menganjurkan kemoterapi setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tidak bisa diangkat sepenuhnya. Metode ini juga sering digunakan jika ada kemungkinan kekambuhan. Obat obatan yang akan diberikan kepada pasien juga bermacam macam jenis baik obat untuk kemoterapi maupun imunoterapi. Namun, biasanya dokter tetap akan memberikan obat yang paling tepat untuk setiap kebutuhan dari pasiennya. Obat obatan tersebut ada yang bertujuan untuk menyembuhkan kanker, mencegah atau mengendalikan sel kanker bahkan untuk menghindari munculnya sel kanker. 

Info lebih detail mengenai kemoterapi dapat anda baca di artikel : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/proses-kemoterapi-adalah/

Radioterapi

Pengobatan ini menggunakan radiasi  atau sinar  untuk membunuh sel-sel kanker. Sebagian besar pasien akan dianjurkan untuk terapi radiasi yang merupakan bagian dari pengobatan. Pengobatan radioterapi bisa digunakan hampir semua jenis kanker. Terapi radiasi ini juga berguna dalam mengobati beberapa jenis tumor jinak. Radioterapi mungkin bisa menjadi alternatif  sebelum operasi untuk mengurangi ukuran tumor kanker. Namun, pengobatan radioterapi dan kemoterapi biasanya juga bisa digunakan setelah operasi. Radioterapi ada 2 jenis external dan internal.  Radioterapi internal adalah pengobatan dengan cara meminum cairan iodin radioaktif atau menempatkan implan pada tubuh yang terkena kanker. Sedangkan Radioterapi external adalah menggunakan radiasi sinar ke arah tubuh atau diluar tubuh. Dalam radioterapi external pasien tidak akan mereasa kepanasan atau sakit selama terapi dilakukan. 

Setiap penyakit pasti ada obatnya begitu pula kanker usus besar ini masih banyak cara pengobatan untuk bisa sembuh. Tetap semangat untuk masa depan yang lebih indah.

#kantongkolostomidijakarta
#kantongkolostomidibogor
#kantongkolostomidariplastik
#kantongkolostomiconvatec
#kantongkolostomibisadicuci
#kantongkolostomidrainable
#kantongkolostomihollister
#kantongkolostomiuntukbayi
#agarkantongkolostomitidakbocor
#kantongkolostomibag